Bertemu Sri Mulyani, Inggris Perkuat Kerja Sama dengan Indonesia

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati bertemu dengan Menteri Muda Inggris urusan Ekonomi John Glen. (FOTO: dok Humas Kedubes Inggris)

Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati bertemu dengan Menteri Muda Inggris urusan Ekonomi John Glen. Pertemuan ini dimaksudkan untuk memperkuat kerja sama antara Pemerintah Inggris dengan negara-negara di Asia.

Setelah Inggris memutuskan keluar dari Uni Eropa, Glen mengatakan Inggris tak akan menjauh dari kerja sama dengan negara lain dunia. Apalagi Inggris dengan Asia memiliki peluang untuk tumbuh bersama, khususnya dalam layanan keuangan.

“Saya memiliki pertemuan yang sangat-sangat bermanfaat dengan menteri keuangan Anda. Kami membahas berbagai masalah bagaimana kami dapat bekerja bersama karena ekonomi Indonesia terus berkembang dan berkembang,” kata dia di Kantor Kementerian Keuangan, Jalan Wahidin Raya, Jakarta Pusat, Senin, 24 September 2018.

Dirinya menambahkan, banyak kerja sama yang mungkin bisa dilakukan antara Inggris dengan Indonesia. Salah satunya adalah kerja sama untuk green finance, mengingat peluang untuk pembiayaan yang ramah lingkungan ke depannya sangat terbuka.

“Beberapa pengalaman bersama yang kita miliki adalah kita melihat ke masa depan, melihat ke generasi berikutnya dan bagaimana kita sebagai pemerintah memungkinkan anak-anak muda kami untuk mengakses layanan keuangan juga,” jelas dia.

Sekadar diketahui, perdagangan antara Inggris dengan ASEAN termasuk Indonesia dan Malaysia terus mengalami pertumbuhan. Ekspor Inggris ke ASEAN tahun lalu mencapai 17,1 triliun poundsterling, yang 50,8 persen di antaranya merupakan layanan finansial dan layanan bisnis lainnya.

Selain dengan Indonesia, Inggris juga berencana memperkuat kerja sama dengan Jepang sebagai salah satu kekuatan ekonomi di Asia. Apalagi nilai perdagangan antara Inggris dan Jepang mencapai 28 triliun poundsterling tahun lalu.

(AHL)