SDM Melek Teknologi, Ekonomi Bisa Tumbuh 7%

Menperin Airlangga Hartarto. Dok; Kemenperin.

Jakarta: Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto optimistis ekonomi Indonesia bisa tumbuh hingga tujuh persen apabila memiliki sumber daya manusia (SDM) yang melek teknologi.

“Kalau seluruh tenaga kerja di sektor industri sudah melek teknologi, ekonomi Indonesia berpotensi meningkat lagi 1-2 persen, sehingga target pertumbuhan bisa mencapai tujuh persen pada 2030,” paparnya seperti dikutip dari Antara, Minggu, 23 September 2018.

Hal tersebut, lanjutnya, dapat diwijudkan melalui implementasi industri 4.0 yang telah dicanangkan pemerintah. Bahkan, tambah Airlangga, berdasarkan peta jalan Making Indonesia 4.0, aspirasi besar yang akan diwujudkan adalah Indonesia masuk dalam jajaran negara 10 ekonomi terbesar di dunia 2030. Hal ini diyakini akan menciptakan pertumbuhan ekonomi nasional yang inklusif.

Menperin menambahkan partisipasi dan produktivitas tenaga kerja industri mampu mengakselerasi pertumbuhan ekonomi nasional. Namun demikian, menurut dia, diperlukan penguasaan teknologi digital guna menghasilkan inovasi sehingga bisa berdaya saing tinggi.

“Saat ini, di Indonesia, partisipasi tenaga kerja berada di tingkat 70 persen, kemudian tingkat pengangguran berada di level terendah sepanjang masa, yaitu 5,13 persen,” imbuhnya. Selain itu, tambahnya, angka kemiskinan berada pada 9,8 persen, terendah dalam dua dekade terakhir.

(SAW)