Bank Dunia Ramal Ekonomi RI Tumbuh 5,2%

Ilustrasi. Foto: Antara/Aprillio Akbar.

Jakarta: Bank Dunia masih optimistis pada proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang bisa mencapai 5,2 persen pada tahun ini. Sementara untuk 2019, pertumbuhan ekonomi RI diramal meningkat jadi 5,3 persen.

“Mempertahankan laju pertumbuhan 5,2 persen tahun ini dan 5,3 persen tahun depan,” kata Ekonom Bank Dunia di Indonesia Frederico Gil Sander, dalam laporan ekonomi Indonesia triwulanan di Energy Building, Jakarta Selatan, Kamis, 20 September 2018.

Baca juga: Menkeu: Pemerintah All Out Hadapi Tekanan Global

Angka ini lebih tinggi ketimbang perkiraan pemerintah dengan ekonomi hanya tumbuh di level 5,14 persen. Bank Dunia meyakini permintaan dalam negeri diperkirakan akan terus mendorong pertumbuhan dalam jangka pendek.

Selain itu, percepatan konsumsi swasta diperkirakan akan terus berlanjut. Ini lantaran inflasi yang terjaga serta pasar tenaga kerja yang tinggi.

Baca juga: Sri Mulyani Sebut Pertumbuhan Ekonomi RI Terus Menguat

Konsumsi pemerintah juga diperkirakan meningkat karena pertumbuhan penerimaan menciptakan ruang konsolidasi fiskal dan pengeluaran tambahan. Pertumbuhan investasi pun diperkirakan akan tetap tinggi.

“Indonesia sudah punya basis ekonomi yang kuat dan menuntut adanya investasi yang lebih baik. Investasi akan berkontribusi pada pertumbuhan,” jelas dia.

(HUS)